Posted on Leave a comment

Intip 10 Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari Orang Terkaya di Indonesia

Menjadi sukses adalah keinginan banyak orang. Termasuk halnya impian bagi orang terkaya di Indonesia sebelum mereka mencapai kesuksesan sekarang. Dalam hal kemampuan, seringkali tidak ada yang benar-benar berbeda antara satu pengusaha dan pengusaha lainnya, karena setiap orang dapat melakukan apapun yang dia inginkan. Walaupun begitu pasti muncul pertanyaan bagaimana cara menjadi pengusaha sukses di Indonesia.

Lalu, apa sih tips orang terkaya di Indonesia termasuk pengusaha terkaya di Indonesia dalam meraih kesuksesannya?

Sebelum membahas mengenai cara menjadi pengusaha sukses yang dilakukan oleh orang terkaya di Indonesia, ketahui siapa saja yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Berikut ini adalah 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2019 yang dikuti dari Forbes yang mungkin bisa menjadi inspirasi.

  1. Robert Budi dan Michael Hartono / PT Djarum (Rp 508 triliun)
  2. Susilo Wonowidjojo / Gudang Garam (Rp 133 triliun)
  3. Eka Tjipta Widjaja / Sinarmas Group (Rp 124 triliun)
  4. Sri Prakash Lohla / Indorama Ventures (Rp 108 triliun)
  5. Anthony Salim / Indofood (Rp 76,9 triliun)
  6. Tahir / Mayapada Group (Rp 65 triliun)
  7. Chairul Tanjung / CT Corp (Rp 50,8 triliun)
  8. Boenjamin Setiawan / Kalbe farma (Rp 46,4 triliun)
  9. Jogi Hendra Atmadja / Group Mayora (Rp 45 triliun)
  10. Prajogo Pangestu / PT Barito Pacific (Rp 43,5 triliun)

Setelah mengetahui deretan daftar orang terkaya di Indonesia, mungkin respon pertanyaanmu adalah berdecak kagum. Atau penasaran mengapa mereka bisa sukses seperti itu?
Kamu pun juga bisa sukses lho, coba ikuti tips sukses dari pengusaha terkaya di Indonesia berikut ini.

1. Menilai dan mengevaluasi diri
Untuk menjadi pengusaha sukses, hal pertama yang perlu dilakukan adalah merefleksikan diri dan melihat apakah kamu sudah memiliki bekal untuk menjadi pengusaha sukses. Cari tahu dan tuliskan apa kelebihan dan kekuranganmu sebanyak-banyaknya. Cobalah menjabarkan poin penting, misalnya:

▪️Pengetahuan dan pengalaman.
▪️Keterampilan dan kegemaran.
▪️Kepribadian (daya tahan, kepercayaan diri).

Setelah menilai dan mengevaluasi, kamu bisa tahu apa bakat dan potensi yang dimiliki. Selain itu kamu juga bisa mengetahui bagaimana cara mengembangkannya. Jangan lupa untuk memperbaiki juga kelemahan yang dimiliki.

2. Jadilah sosok yang proaktif
Bukankah untuk menjadi pengusaha yang sukses dimulai dengan ide kreatif dan tentunya butuh menjadi orang yang proaktif. Dalam konteks ini, orang yang proaktif memiliki kecenderungan untuk mengambil inisiatif. Saat tidak ada peluang, mereka tidak menyerah, namun mencari atau bahkan membuat peluang baru.

Dengan berpikiran proaktif, kamu bisa memberikan kekuatan dan pilihan bagi diri sendiri. Kamu jelas memiliki kendali penuh akan aksi untuk mencapai kesuksesan sehingga lebih baik kamu tinggalkan reaktif sekarang juga dan mulai menjadi proaktif.

3. Luangkan waktu untuk berpikir kreatif
Bisnis apa yang ingin dibangun nantinya?
Sudahkah memikirkan strategi pemasaran yang unik dan kreatif?
Nah, sebelum memulai bisnis, kamu perlu meluangkan waktu dan membiarkan pikiranmu menginspirasi. Hanya dengan kreativitas, kamu bisa menghasilkan ide-ide cerdas yang dapat dikembangkan sebagai ide bisnis. Untuk meningkatkan kreativitas, cobalah beberapa tips mudah berikut:

▪️Berjalan-jalan santai di tengah kebun atau hutan sambil menikmati alam,
▪️Membaca buku di tempat yang tenang dan kondusif,
▪️Berkendara atau bepergian santai,
▪️Aktif dan tidak bermalas-malasan, dan
▪️Berolahraga ringan secara teratur.

4. Mempelajari kesuksesan orang lain
Setiap pola pikir akan mempengaruhi caramu berpikir, kemudian juga berujung pada bagaimana kamu bertindak. Hanya dengan menerapkan pola pikir pengusaha sukses, persepsimu terhadap dunia akan berubah total. Setelah mengadopsi pola pikir pengusaha sukses, kamu akan menyadari bahwa terdapat sangat banyak peluang kesuksesan di sekitarmu. Bahkan kamu bisa melihat peluang yang tidak disadari sebelumnya.

Jadi, tak ada salahnya untuk mempelajari bagaimana pengusaha terkaya di Indonesia bisa sukses. Kemudian, cobalah mengevaluasi hal tersebut dengan diri sendiri. Jangan pernah takut untuk melihat dan belajar dari orang lain, yang sudah menjalani proses pembelajarannya dan berhasil mengenyam kesuksesan.

5. Berani mengambil risiko
Pengusaha terkaya di Indonesia tidak hanya berdiam diri dan menunggu uang datang begitu saja. Mereka tentu bekerja keras dan mengambil risiko demi mengembangkan kekayaannya.

Kesuksesan baru bisa diperoleh saat kamu menemukan cara agar kesuksesanmu bisa lipat gandakan. Dengan kata lain kamu melangkah ke depan, bukan hanya berjalan di tempat. Namun ingatlah bahwa mengambil risiko bukan berarti melangkah dengan buta, namun mengkalkulasikan risiko dan peluang yang ada untuk memajukan bisnis atau usahamu. Jadi, sudah siapkah mengambil risiko?

6. Menentukan target, mengujinya dan evaluasi target
Dalam meraih kesuksesan, tentu ada target yang harus ditentukan, dilaksanakan dan dievaluasi. Setelah menentukan tujuan, kini saatnya membuat rencana bisnis atau model bisnis lengkap dengan targetnya. Selanjutnya, lakukan uji kelayakan untuk mengetahui apakah bisnis tersebut bisa mendatangkan keuntungan atau tidak. Kamu juga dapat melakukan uji sampel untuk melihat reaksi dan memperoleh feedback dari usahamu. Dari sana, juga bisa memperbaiki aspek-aspek yang masih kurang dan memperbaiki peluang kessuksesanmu.

7. Mengumpulkan modal
Setiap usaha tentunya membutuhkan modal awal. Nah, kamu harus mulai mempersiapkan modal yang dibutuhkan setelah kamu mengurus legalitasnya.

8. Memilih lokasi bisnis
Sebuah bisnis yang sukses tidak terlepas dari lokasinya yang strategis.
Misalkan, kamu membuka sebuah kedai kopi di daerah industri atau di sebuah mall di pusat kota. Mudahnya aksesibilitas dan tingkat keramaian di kedua tempat tersebut berbeda, dan akan mempengaruhi kesuksesan bisnis yang akan kamu jalani nantinya.

9. Mencari SDM untuk membantu bisnis
Saat bisnismu sudah siap diluncurkan dan siap berjalan, kini saatnya kamu mencari staf atau sumber daya manusia. Kamu bisa membuka lowongan pekerjaan langsung (walk in), atau via media sosial dan surat kabar lokal. Jangan lupa untuk melanjutkan tahap perekrutan dengan interview yang mendalam sehingga kamu tahu betul orang seperti apa yang akan dipekerjakan.

10. Implementasi rencana bisnis
Begitu memulai bisnis, jangan lupa mengimplementasikan rencana bisnis yang sudah dibuat termasuk pemasarannya. Sebuah rencana akan menjadi sia-sia apabila tidak diikuti dengan implementasi. Kemudian, lakukanlah review dan evaluasi berkala untuk selalu memperbaiki dan meng-upgrade rencana bisnis secara berkesinambungan.

Nah, dengan melakukan tips menjadi pengusaha sukses tersebut tidak menutup kemungkinan kelak namamu akan masuk ke deretan pengusaha terkaya di Indonesia atau orang terkaya di Indonesia bukan?
Selamat mempersiapkan bisnismu!

Pesan ini dipersembahkan oleh Muslim Entrepreneur University