Posted on Leave a comment

Cara Mencari Peluang Bisnis Di Sekitar

Memulai sebuah bisnis tidak hanya membicarakan tentang modal dan keahlian saja. Karena kebanyakan pengusaha yang sukses, biasanya pintar membaca dan melihat peluang usaha. Ketika Anda jeli menemukan peluang usaha yang menjanjikan, maka usaha tersebut akan lebih mudah dikembangkan.

Namun jika Anda asal-asalan, bisa saja bisnis yang Anda pilih ternyata tidak mampu bersaing dengan jenis usaha lainnya. Pada akhirnya Anda hanya akan mengalami kegagalan.

Yang menjadi permasalahan, melihat atau menciptakan peluang usaha sendiri itu tidak gampang. Butuh pengalaman dan analisa kuat agar usaha yang Anda pilih suatu saat bisa berkembang dan memberikan omset yang besar. Berikut adalah beberapa cara melihat peluang usaha di sekitar :

1. Dari diri sendiri

Melihat peluang usaha dari diri sendiri tentu lebih mudah ketimbang Anda memikirkan hal-hal yang lain. Karena hanya diri sendiri yang mengerti tentang potensi yang Anda miliki.

Coba Anda ingat-ingat, mungkin Anda pernah punya keinginan untuk buka usaha laundry kiloan atau punya cita-cita pengen punya rumah makan. Membayangkan ingin membuka sebuah usaha tertentu pasti karena Anda mungkin merasa mampu untuk mencoba usaha tersebut.

Oleh sebab itu, terus gali potensi yang ada pada diri Anda. Siapa tahu ada salah satu usaha yang benar-benar ingin Anda jalankan. Karena terkadang dari potensi diri sendiri malah bisa memberikan sebuah peluang usaha baru yang menguntungkan.

2. Melihat potensi di sekitar tempat tinggal

Jika Anda tidak menemukan peluang usaha dari diri sendiri, coba Anda melihat potensi yang bisa dikembangkan disekitar Anda.

Agar lebih mudah, Anda bisa berkeliling di sekitar tempat tinggal Anda. Survei dan catatlah semua usaha yang sudah ada dan berapa banyak orang yang sudah menjalankan usaha tersebut.

Dari situ, Anda akan mengetahui usaha apa yang sekiranya banyak diminati dan yang kurang mendapat respon masyarakat sekitar.

Contohnya saja di dekat tempat tinggal Anda ada yang buka jasa laundry tapi Anda melihat usaha tersebut tidak terlalu banyak pelanggan. Coba Anda cari tahu kenapa usahanya tidak laku. Padahal saingannya satu dua orang saja

3. Mencoba bisnis yang sedang tren

Cobalah Anda mencari ide usaha kreatif dari internet. Misalnya melalui situs pencarian google atau media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Carilah jenis usaha yang sedang ngetrend entah itu usaha di bidang fashion, jasa atau kuliner.

Untuk usaha makanan, sekarang ini banyak pebisnis pemula yang sedang mengandrungi usaha waralaba.makanan dan minuman seperti kebab, burger, jagung manis, es capucinno, es cincau dan lain sebagainya.

Respon masyarakat pun cukup hangat. Terbukti para pengusaha franchise bisa mendapatkan omset yang cukup besar. Nah, Anda bisa tuh mencoba menciptakan peluang usaha baru dengan memodifikasi bisnis yang sedang ngetrend saat ini.

Anda juga bisa mencontoh usaha ayam geprek yang beberapa waktu lalu pernah booming. Sehingga banyak para pengusaha yang berbondong-bondong membuka warung makan ayam geprek.

Bisnis yang Anda bangun harus benar-benar berbeda dengan yang lain. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah mengenal dan mengingat usaha Anda.

4. Ide bisnis dari daerah lain

Ide usaha tidak hanya datang dari hal-hal yang ngetrend saja. Saat Anda jalan-jalan ke kota lain dan tanpa sengaja Anda melihat usaha yang cukup berkembang disana. Anda bisa tuh mencoba mencoba usaha tersebut di kota Anda.

Akan tetapi Anda harus memastikan bahwa usaha yang Anda bawa masih sedikit yang membukanya atau malah belum ada sama sekali. Karena konsumen cenderung menyukai hal-hal yang baru.

Dengan begitu, Anda akan menciptakan peluang usaha baru yang mungkin akan menarik perhatian konsumen. Sehingga Anda akan memperoleh keuntungan besar.

5. Memulai bisnis dari hobi

Daripada Anda hanya menghabiskan waktu untuk menyalurkan hobi tanpa mendapatkan apapun. Kenapa Anda tidak mencoba menciptakan peluang usaha baru dari hobi Anda.

Semisal Anda hobi bermain game playstation. Kenapa Anda tidak mencoba membuka rental playstation. Dari situ Anda tetap bisa menjalankan hobi Anda juga sekalian menghasilkan uang.

Atau Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang hobi membuat aneka macam kue kering. Cobalah Anda merintis usaha kue kering dengan menawarkan kue Anda pada tetangga atau kenalan Anda. Siapa tahu ada yang tertarik dan memesan kue pada Anda saat datang hari raya.

6. Mencoba Usaha Baru dari Keahlian

Jika selama ini keahlian Anda digunakan untuk bekerja pada orang lain. Kenapa tidak Anda manfaatkan untuk memulai usaha sampingan dengan menciptakan peluang usaha sendiri dari keahlian Anda.

Misalnya saja Anda adalah seorang guru. Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuka bimbingan belajar dengan target siswa yang mau menghadapi ujian.

Atau Anda dulu sekolah di SMK jurusan tata busana. Tidak ada salahnya Anda mencoba buka jasa jahit rumahan dengan membeli peralatan jahit seadanya.

7. Mengajak Kerja Sama dengan Pengusaha lain

Anda bisa mengajak pengusaha lain untuk bekerja sama dengan Anda. Sebagai contoh saja, Anda mungkin ahli dalam bidang strategi pemasaran atau berpromosi. Coba Anda dekati developer perumahan didaerah Anda, daftarkan diri Anda sebagai agen property perumahan mereka. Jika Anda berhasil memasarkannya, tentu Anda akan mendapatkan komisi yang tidak sedikit.

Atau Anda suka dengan bidang fashion tapi tidak punya modal untuk berjualan baju. Kenapa Anda tidak mencoba jualan baju online dengan sistem dropship. Bisnis dropship saat ini sedang menjamur.

8. Menciptakan Sesuatu yang Baru

Dalam melihat peluang usaha yang memiliki potensi besar, sebaiknya Anda mencoba untuk mendapatkan ide bisnis yang benar-benar baru dan belum banyak dilakukan oleh pengusaha lain disekitar tempat tinggal Anda.

Kalaupun harus membuka usaha yang sama dengan yang lainnya, sebisa mungkin modifikasi usaha tersebut agar terlihat lain dari yang lain. Usaha Anda harus memiliki kelebihan yang bisa ditonjolkan.

Memang butuh pemikiran dan ide cemerlang untuk menciptakan usaha yang kreatif. Tapi jika usaha tersebut sukses, Anda juga yang akan menikmati hasilnya.

Pastikanlah jika bisnis bisnis yang dibutuhkan oleh orang-orang disekitar, tanpa anda harus mengeluarkan modal yang besar-besaran, cukup mulai dengan bisnis dengan modal yang tidak terlalu tinggi asalkan bisnis anda memberikan solusi bagi konsumen.

Pesan Ini dipersembahkan oleh Muslim Entrepreneur University